15 Cara Mengobati bisul Dengan Bahan bahan Alami

cara mengobati bisul - Bisul ialah salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh infeksi pada bagian permukaan kulit. Adanya infeksi ini menjadikan rasa gatal dan benjolan berwarna merah-merah.

Bahkan, untuk bisul yang lebih parah bisa menjadikan rasa panas, nyeri dan terasa gatal ingin menggaruk. Namun, pada proses penggarukan justru membuat bisul terasa lebih sakit dan lebih parah dari yang sebelumnya.

Bila dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan penyebaran di beberapa titik lainnya, kemudian menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Untuk mengobatinya ada bebecarapa cara yang bisa anda lakukan.



Berikut cara mengobati bisul dengan bahan-bahan alami :

  • Temu Lawak - Dulu, waktu saya kecil, temulawak sering dijual di warung-warung dalam botol sebagai minuman kesehatan. Seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas dan tanaman rimpang lainnya, temulawak juga punya banyak khasiat sebagai obat tradisional, termasuk untuk obat bisul. Sediakan 1 ruas jari temulawak, kemudian diiris tipis. Rebus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren, angkat dari api, lalu masukkan seibu jari asam jawa. Setelah agak dingin, saring, diminum sekaligus.

  • Asam Jawa - Untuk mengobati bisul kita akan menggunakan asam kawak. Asam kawak ialah biji asam jawa yang sudah diolah sehingga warnanya berubah menjadi hita, bukan coklat. Ambil asam kawak sebesar telur burung puyuh lalu direndam dalam air hingga mengembang. Rebus bersama 5 iris temulawak dan gula aren secukupnya agar manis. Minum air rebusan tersebut 1 kali sehari. Untuk obat luar, campurkan asam kawak, minyak kelapa dan garam secukupnya. Kemudian tempelkan pada bisul, biarkan hingga mengering dengan sendirinya.
  • Daun/bunga kecubung - Beberapa orang sangat berhati-hati saat berurusan dengan bunga kecubung, karena termasuk dalam kategori bercun jika dikonsumsi sembarangan. Namun, bunga kecubung aman digunakan sebagai obat luar, salah satunya obat bisul. Hancurkan beberapa lembar daun kecubung atau bunga kecubung, lalu tempelkan pada bisul. Biasanya bisul akan cepat matang dan sembuh.
  • Daun sirsak/nangka walanda - Beberapa tahun terakhir ini, dunia kesehatan dihebohkan dengan manfaat daun sirsak sebagai obat anti kanker dan puluhan khasiat lainnya. Namun, ternyata nangka walanda ini juga punya khasiat sederhana, yaitu menyembuhkan bisul. Caranya juga sangta mudah, daun sirsak ini digiling/ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada bisul. Ramuan ini berkhasiat untuk mempercepat bisul agar cepat matang.

  • Daun bayam duri - Mengobati bisul bisa menggunakan daun bayam duri, yang bisa diracik dengan mudah. Proses pertamanya ialah pilih dua lembar daun bayam duri dan dicuci hingga bersih. Tambahkan garam halus dan diremas-remas sampai daun bayam ikut hancur bersama garam halus tersebut. Kemudian, oleskan pada bagian bisul, namun hindari bagian mata bisul agar tidak tersentuh. Perawatan ini dapat mengurangi rasa panas dan perih yang disebabkan oleh infeksi pada bisul tersebut.
  • Mentimun dan biji pala - Buah mentimun ini dikupas dan diparut hingga lembut, dan tambahkan beberapa biji pala. Setelah tercampur, bungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Setelah siap atau dipanggang selama beberapa menit, angkat dan biarkan sampai dalam keadaan hangat. Buka daun pisang itu dan ambil parutan yang sudah dipanggang untuk dioleskan ke permukaan kulit yang terkena bisul. Lalu tutup dengan perban agar lebih memudahkan racikan terjaga di area bisul.
  • Bawang putih - Bawang putih bisa pula dimanfaatkan sebagai pengobatan bisul karena bahan dapur yang satu ini memiliki peran sebagai antibiotik. Untuk perawatan bisul ini bisa dimulai dengan mengupas bawang putih dari kulitnya, lalu dibersihkan dan ditumbuk sampai halus. Setelah itu, tumbukan siap untuk dioleskan secukupnya saja, pada bagian bisul dengan menutupi menggunakan perban. Pada proses ini, akan terasa sedikit pedih, namun itu tak mengapa karena merupakan bagian dari proses penyembuhan.
  • Daun sirih - Begitu banyak dan lengkap manfaat dari daun sirih ini, termasuk pula untuk mengobati bisul pada permukaan kulit. Prosesnya ialah dengan mengambil tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, lalu ditumpuk sampai halus. Tumbukan itu nantinya yang akan dibalurkan pada bagian yang bisul. Gunakan perban untuk menutupi dan menjadikan tumbukan bisa menempel dengan baik.

  • Daun kamboja - Daun kamboja ini bisa dimanfaatkan dari getahnya, yaitu dari getah daun kamboja untuk dioleskan secara langsung ke bagian bisul. Selain itu, bisa dengan daun kamboja yang sudah dicuci sampai bersih ditambahkan minyak kelapa, lalu ditempelkan pada bagian yang bisul. Atau bisa pula minyak kelapa yang dioleskan pada daun kamboja lalu ditutupkan ke bagian bisul.
  • Daun Waru - Daun waru biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan pada acara hajatan di kampung-kampung. Namun ada juga yang memanfaatkan sebagai ramuan penyubur rambut. Nah, kali ini kita akan menggunakannya untuk mengobati bisul. Caranya sangat sederhana, daun waru dilumatkan kemudian tempelkan pada bisul. Cara lain, daun waru dicuci bersih, lalu dipanggang di atas api. Setelah layu dan masih panas, tempelkan pada bisul. Lakukan dua kali sehari.
  • Daun Iler - Daun iler atau daun Miana ini sebenarnya punya warna ungu yang bagus untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu, kegunaannya sebagai tanaman obat juga layak diperhitungkan. Untuk mengobati bisul, prosesor pengobatannya sama seperti daun waru, daun iler dicuci, olesi dengan minyak kelapa, lalu digarang. Hangat-hangat kuku, ditempelkan pada bisul.

  • Bawang merah - Bawang merah memang salah satu bumbu dapur yahng kaya akan khasiat. Salah satunya bisa dipakai sebgai obat untuk menyembuhkan bisul. Ambil 1 butir bawang merah lalu dikupas, cuci dan parut. Ambil secukupnya dan tempelkan pada bisul. Ramuan ini juga bagus untuk mengobati luka/borok agar cepat kering dan tidak terjadi infeksi.
  • Sosor bebek - Salah satu tanaman hias yang bermanfaat untuk dunia pengobatan tradisional. Secara turun temurun, sosor bebek kerapkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sakit kepala, demam, ambeien, vertigo, radang lambung, muntah darah, rematik, disentri, demam, diare dan tentu saja bisa mengobati bisul. Ambil 6 helai daun sosor bebek, dicuci bersih, kemudian tumbuk halus. Beri garam dan air secukupnya. Borehkan ramuan itu pada bisul dan sekelilingnya, lalu balut. Ganti 2 kali sehari sampai sembuh.
  • Daun katuk - Selama ini kita mengenal daun katuk hanya sebagai sayuran untuk disantap. Namun, nenek moyang kita ternyata sudah lebih cerdas. Mereka memanfaatkan daun katuk untuk beberapa pengobatan tradisional, salah satunya mengobati bisul atau borok. Ambil segenggam daun katuk, cuci bersih lalu dilumatkan. Tempelkan pada luka/bisul dan biarkan hingga kering.
  • Bunga pukul empat - Bunga pukul empat juga merupakan salah satu tanamn hias yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan bisul atau borok. Siapkan 10-12 helai daun kembang pukul empat, lalu dicuci bersih. Kemudian lumatkan dan beri garam secukupnya. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul dan sekitarnya, balut dengan kain bersih.
Itulah 15 cara Mengobati bisul Yang bisa anda prektekkan. Selamat mencoba. semoga artikel ini bermanfaat. Jangan Lupa share artikel ini ke facebook, twetter, dan google plus
Share on Google Plus

About Rahmat Hidayat

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar